Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tips Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat dan Mudah

8 Tips Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat dan Mudah

beasiswarakyat.comMemutuskan untuk belajar bahasa Inggris adalah keputusan yang tidak akan Kamu sesali! Bahasa Inggris adalah bahasa global abad ini dan belajar bahasa Inggris akan mempersiapkan Kamu untuk masa depan dengan kemungkinan besar. Mengetahui pentingnya belajar bahasa Inggris, banyak orang mencoba menggunakan jalan pintas untuk mempelajari bahasa tersebut. Misalnya, tergoda untuk belajar bahasa Inggris hanya dengan program online. Namun, seperti yang akan Kamu lihat, untuk menjadi pembicara bahasa Inggris yang efektif dalam waktu singkat, Kamu harus melakukan lebih dari sekadar menatap layar komputer.

Jika Kamu ingin belajar bahasa Inggris dengan cepat, hal terbaik yang dapat Kamu lakukan adalah menemukan cara yang menyenangkan untuk belajar bahasa tersebut. Untungnya, banyak tips dan trik untuk belajar bahasa Inggris lebih cepat yang menyenangkan. Mari lihat.

1. Dengarkan Bahasa Inggris Terus

Mulailah perjalanan bahasa Inggris Kamu dengan mendengarkan bahasa Inggris terus-menerus. Kapan pun Kamu memiliki pilihan untuk mendengarkan sesuatu dalam bahasa Inggris, pilihlah untuk melakukannya. Misalnya, mendengarkan radio dalam bahasa Inggris dan menonton tv dalam bahasa Inggris. Temukan musik bahasa Inggris yang Kamu sukai dan dengarkan secara teratur. Cari podcast dan video YouTube dalam bahasa Inggris.

Kedengarannya sederhana, tetapi ada ilmu yang mendukung kekuatan mendengarkan bahasa asing. Scientific American mengklaim, "Mendengar bahasa asing di latar belakang dapat membantu Kamu mempelajarinya lebih cepat, bahkan jika Kamu tidak memperhatikan." Cukup mempelajari pola suara dari mendengarkan bahasa Inggris akan sangat membantu dalam menguasai bahasa tersebut.

2. Ikuti Kursus Bahasa Inggris

Jangan mencoba menghindari kursus bahasa Inggris dengan berpikir Kamu tidak membutuhkannya atau Kamu tidak punya waktu. Ini jauh dari kebenaran. Misalnya, memilih untuk mengambil kursus bahasa Inggris di DC akan menghasilkan pengembalian investasi yang besar karena Kamu akan belajar bagaimana berbicara bahasa Inggris dengan benar dan lancar. Kelas bahasa Inggris terakreditasi di DC dirancang untuk membantu siswa menjadi mahir dan menguasai bahasa dalam waktu yang lebih singkat. Ini karena sekolah bahasa di DC, seperti inlingua, menggunakan metode yang telah terbukti yang merupakan cara terbaik dan tercepat untuk belajar bahasa Inggris, seperti penekanan berat pada berbicara bahasa Inggris dan bekerja dengan pelatih bahasa.

3. Benamkan Diri Kamu dalam Bahasa

Kefasihan sejati membutuhkan pendalaman; oleh karena itu, Kamu harus meninggalkan komputer dan menuju ke dunia berbahasa Inggris. Tempat terbaik untuk membenamkan diri dalam bahasa Inggris? Washington DC. Siswa yang memilih untuk belajar bahasa Inggris di Washington DC berada di kota global terkemuka yang penuh dengan keragaman dan peluang. US Capital menawarkan siswa kursi barisan depan untuk politik dan budaya Amerika sehingga mudah untuk membenamkan diri dalam bahasa Inggris. Di sini, Kamu akan dikelilingi oleh orang-orang yang berbicara bahasa Inggris, dan Kamu akan didorong untuk berbicara juga.


4. Berlatih dengan Teman

Kamu tidak bisa hanya mendengarkan tanpa berlatih. Kamu perlu berlatih setiap hari. Agar lebih menarik, berlatihlah berbicara dan menulis bahasa Inggris dengan seorang teman. Misalnya, saat Kamu berada di sekolah bahasa Washington, Kamu dapat berlatih berbicara bahasa Inggris dengan teman sekelas. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi Skype dan video untuk berlatih berbicara bahasa Inggris dengan teman di lokasi lain. Selain itu, dengan popularitas pesan teks dan email, Kamu dapat berlatih menulis dengan mengirim pesan ke teman Kamu dalam bahasa Inggris.

5. Baca Semuanya dalam Bahasa Inggris

Cobalah untuk membaca secara teratur dalam bahasa Inggris sampai Kamu dapat membaca semuanya dalam bahasa Inggris. Ini berarti memulai dari yang kecil. Kamu mungkin ingin memulai dengan membaca buku anak-anak atau komik, tetapi Kamu harus beralih ke membaca koran dan halaman web dalam bahasa Inggris. Sepanjang baris yang sama, Kamu harus berusaha untuk membaca menu dan signage dalam bahasa Inggris. Daripada terpaku pada kartu flash, cobalah memberi label pada barang-barang di rumah Kamu dalam bahasa Inggris, sehingga Kamu dapat membaca dan memvisualisasikan barang-barang ini setiap hari.

6. Rangkullah Hobi Kamu dalam Bahasa Inggris

Sekali lagi, Kamu harus mencoba bersenang-senang saat belajar bahasa. Semakin Kamu menikmati belajar bahasa, semakin cepat Kamu akan fasih berbahasa Inggris. Untuk alasan ini, berusahalah untuk merangkul hobi Kamu dalam bahasa Inggris. Jika Kamu menyukai film dan televisi, luangkan waktu untuk menontonnya dalam bahasa Inggris. Nyalakan teks sehingga Kamu dapat mendengarkan dan membaca dalam bahasa Inggris. Jika Kamu menikmati bermain video game yang memungkinkan Kamu berbicara dengan pemain lain, mainkan game dalam bahasa Inggris dan berbicaralah dengan pemain lain dalam bahasa Inggris. Jika Kamu penggemar olahraga, tonton pertandingan dalam bahasa Inggris dan pertimbangkan untuk bergabung dengan tim rekreasi olahraga berbahasa Inggris.

7. Tetapkan Tujuan

Jika Kamu ingin belajar bahasa Inggris dengan cepat, maka Kamu perlu menetapkan tujuan yang jelas. Tujuan memberi Kamu sesuatu untuk diusahakan. Mulailah dengan tujuan kecil, dan saat Kamu mencapai tujuan ini, rayakan pencapaian Kamu. Kemudian, buat tujuan baru. Misalnya, satu tujuan mungkin untuk melakukan percakapan dalam bahasa Inggris dengan orang asing. Ini adalah tujuan hebat yang merupakan sesuatu yang dapat Kamu kerjakan, dan begitu Kamu melakukannya, Kamu akan merasa bangga pada diri sendiri dan menyadari seberapa jauh Kamu telah mencapai dalam waktu yang begitu singkat.

8. Fokus pada Berbicara – Bukan pada Tata Bahasa

Jika Kamu benar-benar ingin belajar bahasa Inggris dengan cepat, maka Kamu perlu fokus pada berbicara daripada tata bahasa. Latihan tata bahasa dan kosa kata tidak efektif (terutama jika Kamu tidak menggunakannya bersama dengan latihan berbicara). Sebagian besar siswa belajar bahasa Inggris sehingga mereka dapat berkomunikasi secara efektif; oleh karena itu, sangat penting untuk menghabiskan lebih banyak waktu berbicara bahasa Inggris daripada yang ada di buku teks. Misalnya, siswa inlingua menutup buku teks mereka selama pelajaran, sehingga mereka mungkin lebih fokus pada berbicara bahasa daripada mencari kata-kata kosa kata atau tata bahasa. Meskipun Kamu perlu memahami aturan tata bahasa Inggris, Kamu tidak boleh membiarkannya menghalangi Kamu untuk berbicara bahasa Inggris.

Satu Hal Terakhir…

Kita hidup dalam masyarakat di mana kita terus-menerus berusaha untuk mempercepat, tetapi pembelajaran bahasa adalah sebuah proses. Itu tidak akan terjadi dalam semalam, dan itu akan membutuhkan kerja. Kamu harus siap mendedikasikan waktu dan tenaga untuk belajar bahasa Inggris. Ini adalah investasi masa depan Kamu, jadi jangan mengambil jalan pintas.